Wabup Kasta dinobatkan sebagai Duta ORI
Selasa, 28 Agustus 2018 14:15 WIB

Wabup Kasta dinobatkan sebagai Duta ORI
Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta dinobatkan sebagai Duta Original Rekor Indonesia (ORI) bidang Pemerhati Spiritual, Seni dan Budaya Nusantara pada Acara peringatan HUT ke-1 FKPPAI Provinsi Bali di jaba Pura Puri Satria Jalan Veteran Denpasar. (Antaranews Bali via Humas Pemkab Klungkung)
Semarapura (Antaranews Bali) – Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta dinobatkan sebagai Duta Original Rekor Indonesia (ORI) bidang Pemerhati Spiritual, Seni dan Budaya Nusantara di jaba Pura Puri Satria Jalan Veteran Denpasar, Senin malam (27/8).

Penobatan sekaligus pemberian penghargaan itu diberikan oleh Presiden Original Rekor Indonesia (ORI), Agung Elvianto pada Acara peringatan HUT ke-1 Forum Keluarga Paranormal dan Penyembuh Alternatif Indonesia (FKPPAI) Provinsi Bali.

Presiden ORI, Agung Elvianto mengatakan, penobatan Wabup Made Kasta sebagai Duta Original Rekor Indonesia atas partisipasinya sebagai pemerhati spiritual, seni dan budaya nusantara.

Selain itu, Wabup Made Kasta juga sebagai salah seorang tokoh yang mendeklarasikan FKPPAI di Klungkung dengan menggelar Ruwatan Bumi Nusantara NKRI yang dipusatkan di catus pata kota semarapura, Klungkung pada tanggal 27 Agustus 2017 lalu.

Ruwatan yang diawali dengan membawa pasepan agung sebagai pembuka jalan, disusul dengan barisan pembawa obor, barisan pembawa air suci dari seluruh dunia dan barisan pembawa bendera merah putih.

Ruwatan Bumi Nusantara NKRI melibatkan paranormal lintas agama, budaya dan suku dari seluruh Indonesia. “Atas partisipasinya sebagai pemerhati spiritual, seni dan budaya nusantara dan sebagai salah seorang tokoh yang mendeklarasikan FKPPAI, dinobatkan sebaga Duta ORI bidang pemerhati seni dan budaya nusantara,” kata Agung Elvianto.

Agung Elvianto menjelaskan, penobatan Wabup Made Kasta sebagai Duta Ori sekaligus memberikan penghargaan dan memotivasi bagi pemerhati spiritual seni dan budaya nusantara.

Menurutnya, Pulau Bali kaya dengan nilai-nilai seni dan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan. “Kami (ORI) memberikan penghargaan sekaligus memotivasi kepada para pemerhati spiritual, seni dan budaya nusantara.

“Bali ini penuh kaya dengan nilai-nilai seni dan budaya spiritual yang harus dijaga dan dilestarikan,” jelas Agung Elvianto.

Sementara itu Wabup Made Kasta disela sela acara penobatan menyampaikan rasa terima kasih atas penobatan dan penghargaan yang diberikan oleh ORI. Pihaknya juga megapresiasi FKPPAI Bali atas terselenggaranya acara HUT ke-1 FKPPAI Bali sejak dikukuhkannya di klungkung.

“Terimakasi kepada ORI atas penghargaan yang telah diberikan. Dan Saya juga mengapresiasi atas terselanggaranya HUT FKPPAI ini,” kata Wabup Made Kasta.

Wabup Kasta menjelaskan, FKPPAI, organisasi yang memiliki tujuan untuk melestarikan budaya spiritual yang ada di Indonesia, khusunya di Bali. Organisasi ini juga memberikan wadah bagi para praktisi-praktisi spiritual dan pengobatan altrnatif yang notabene bersumber dari kearifan-kearifan lokal yang ada di masyarakat.

Penobatan tersebut juga disaksikan anggota DPD RI Dapil Bali Anak Agung Ngurah Oka Ratmadi (Cok Rat), perwakilan FKPPAI dari daerah lain, seperti Kalimantan Timur, Jambi, Jawa Timur, dan Riau serta undangan lainnya. (*)
Pewarta : I Ketut Sutika
Editor: I Komang Suparta
COPYRIGHT © ANTARA 2018

www.Originalrekorindonesia.co.id