Sebanyak 215 penari topeng cilik ikut berpartisipasi dalam acara Pemecahan Rekor ORI (Original Rekor Indonesia), yang berlangsung di Grage City Mall, Jalan Jend. A. Yani, Kota Cirebon, Sabtu (28/7/2018).
Pemecahan ORI atas Penyelenggara Pendukung Kolaborasi Seniman Lukis dengan Penari Topeng Cirebon terbanyak di Grage City Mall dalam acara Pameran Lukisan Menoreh Keelokan Nusantara.
Arif Hermawan, selaku General Manager Grage City Mall mengatakan 215 peserta penari topeng cilik yang ikut dalam pemecahan rekor ORI berasal dari wilayah III Cirebon.
“Ada 17 sanggar tari yang terlibat dan tiga pelukis terbaik dari Jawa Barat,” ujarnya.
Lanjut dia, pemecahan rekor ORI bertujuan untuk mengembangkan kesenian Jawa Barat, Khususnya Cirebon.
“Kami sangat berbangga, bisa mengembangkan kebudayan tradisional, khususnya Tari Topeng Cirebon dalam pemecahan rekor ORI,” ungkapnya.
Pihaknya akan terus mendukung kesenian-kesenian tradisional. Di samping, Grage City Mall sering menyelenggarakan berbagai acara kesesian.
“Kami akan terus jalin kerja sama dengan sanggar-sanggar tari, untuk terus mengembangkan kesenian-kesenian tradisional,” tandasnya.
Sementara itu, Vice President ORI, Saeful Muminin menjelaskan pada kali ini kami mencetak rekor yaitu kolaborasi lukis tercepat dengan durasi 15 menit diiringi tari topeng terbanyak.
“Sebelumnya, belum pernah ada rekor yang seperti ini. Di Grage City Mall merupakan pertama yang terjadi di Cirebon,” ujarnya.
Lanjut dia, penilaian dilihat dari banyaknya peserta penari topeng, kemudian dari lukis dinilai dari cepatnya menyelesaikan satu lukisan yang sangat luar biasa.
“Kami sangat mengapresiasi, khususnya tim lukis dan penari topeng, serta Grage Group yang sudah memberikan fasilitas atas terciptanya ORI,” terangnya.
Untuk diketahu, ORI merupakan suatu yayasan prestasi anak bangsa, dengan memberikan apresiasi terhadap suatu event yang bersifat unik ataupun kolosal di tingkat nasional.