Bandung : Dalam Memperingati puncak perayaan Imlek Apresiasi Seni Anak Juara AsKaRa, bersama Jaringan Kerja Antar Umat Beragama Jakatarub menggelar pagelaran Barong Nusantara dan Budaya Nusantara di salah satu pusat perbelanjaan di daerah Pasteur Bandung (BTC Fashion Mall) dengan mengandeng beberapa Media Seperti RRI dan TVRI. Sabtu (24/3/2018).

Dalam kegiatan tersebut ketua AsKaRa Athony menjelaskan kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian acara tahun baru Imlek yang menampilkan kesenian kesenian Barong, namun yang uniknya dari kegiatan ini jelas Anthony dalam pagelaran Barong kalo ini yang di tampilkan tidak hanya kesenian Barong Sai dari Tiong Hoa saja melainkan ada kesenian kesenian barong dari seluruh Nusantara.

“Kegiatan hari ini merupakan kegiatan puncak dari perayaan imlek yang menampilkan pertunjukan barong namun pada acara ini tidak hanya menampilkam atraksi barong sai dari Tiong Hoa saja melainkan di padu padankan dengan atraksi barong dari seluruh Nusantara,” jelas Anthony.

Ketika di tanya awak media terkait alasannya menggelar barong senusantara seperti ini Anthony mengatakan, hal sepeti ini tidak hanya untuk melestarikan kebudayaan Tiong Hoa namun juga sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kebudayaan bangsa, selain itu juga kegiatan ini juga sebagai salah satu bukti bahwa Kebinekaan Bangsa Indonesia masih tetap utuh dan terjaga dengan baik.

“Mengapa barong yang kita angkat karena barong sai sudah sangat identik dengan masyarakat tiong hoa, namun tak hanya etnik tiong hoa yang memiliki barong indonesia pun punya, maka dari itu kita membuat pagelaran ini untuk menunjukan bahwa seluruh kebudayaan yang ada di Indonesia bisa tetap bersatu dan hal ini juga sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kebudayaan kebudayaan yang ada di indonesia,” ujar Anthony.

Pada kesempatan yang sama Anggota Dewan Pengawas LPP RRI Hasto Kuncoro yang hadir dalam kegiatan tersebut sangat mengapresiasi dengan di selenggarakannya kegiatan seperti ini, karena menurutnya untuk mencintai negara ini sangat banyak caranya dan menurut ia acara festival cap go meh dengan parade barong nusantara ini sangat multidimensi karena tidak hanya kita mencintai budaya yang ada di Indonesia, namun juga kegiatan seperti ini bisa menjadi bukti persatuan dan kesatuan bangsa yang masih sangat kuat terjaga, dan ia pastikan RRI akan selalu ada di tengah tengah itu untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

“Menurut saya kegiatan seperti ini sangat bagus ya karena selain sebagai bentuk rasa cinta kita terhadap kebudayaan di Indonesia kegiatan seperti ini bisa menjadi bukti bahwa rasa toleransi umat beragama, rasa kesatuan dan persatuan bangsa masih sangat kuat di negeri ini, dan sudah seharusnya RRI akan terus berada di tengah tengahnya untuk terus menjaga kesatuan dan persatuan NKRI,” pungkas Hasto kepada media.

Kegiatan yang berlangsung pada pukul 14.00 WIB itu tidak hanya di hadiri warga yang ingin menyaksikan atraksi barong dari seluruh nusantara namun di hadiri juga Coorporate Manager HRD BTC Fashion Mall Heny Tri Agustini dan perwakilan dari Original Rekor Indonesia.