Sebanyak 1.000 masjid yang tersebar di Bandung Raya kini bisa menikmati fasilitas cuci karpet secara gratis melalui Program Cuci Karpet 1.000 Masjid Gratis se-Bandung Raya.

Program yang diinisiasi oleh relawan Tim Beberes Masjid dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini akan melayani masjid yang akan mencuci karpet. Nantinya tim akan melakukan jemput bola dan mengantarkan kembali karpet yang sudah bersih.

Ketua DMI Jabar Zulkarnaen mengatakan program tersebut berawal dari pengalaman Dewan Keluarga Masjid yang melakukan cuci karpet di tempat cuci umum berbayar (laundry). Namun saat selesai karpet tersebut malah terdapat banyak bulu.

“Begitu diambil kok banyak bulu. Kita tidak tahu apa ini bulu kucing atau anjing. Kalau anjing, ya najis,” ujar Zulkarnaen kepada detikcom di Masjid Al Hidayah, Komplek Setiabudi Regensi, Jalan Safir-Wing 2, Bandung, Senin (23/10/2017).

Setalah berproses akhirnya ide untuk menyediakan fasilitas mencuci karpet gratis tersebut terdengar oleh Bank Mandiri Syariah (BSM). Hingga akhirnya BSM memberikan bantuan berupa penyediaan alat dan biaya operasional.

“Jadi ini bukan cuci biasa. Karena dijamin cuci karpet ini halal dan suci. Sebab dicuci langsung dan menggunakan alat yang dikhususkan untuk karpet masjid,” ucapnya.

Secara teknis, kata Zulkarnaen, nantinya para pengurus DKM bisa mendaftar untuk mendapat nomor antrean giliran cuci. Setelah mendapat giliran pihak relawan akan melakukan jemput bola mengambil karpet di masjid. (sumber detik.com)