BANDUNG, (PRFM) – Kemeriahan Gebyar HUT ke-55 Gerakan Pramuka Tingkat Kota Bandung membuahkan prestasi. Kegiatan tersebut memecahkan rekor yang dicatat oleh Original Record Indonesia (ORI), yakni rekor mengucapkan “Bandung Juara” secara serentak dan bersamaan dengan mengacungkan jempol dengan jumlah terbanyak di Indonesia di Sarana Olahraga Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (16/12/2016).

Penghargaan tersebut diberikan pada saat upacara pembukaan Gebyar HUT Pramuka ke-55 dan Kemah Bhakti Pramuka Kota Bandung. Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Presiden Original Record Indonesia, Bambang Hartanto kepada Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) selaku pemrakarsa rekor dan Ketua Kwarcab Gerakan Pamuka Kota Bandung Yossi Irianto selaku kreator rekor.

ORI juga memberikan piagam kepada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bandung selaku penyelenggara utama penciptaan rekor tersebut yang diterima oleh Ketua Pelaksana Gebyar Pramuka dan Kemah Bhakti Kota Bandung Deni Nurdyana Hadimin. Deni juga menerima piagam atas namanya sendiri sebagai penyelenggara kegiatan tersebut.

Tak hanya itu, pada kesempatan itu ORI juga menyerahkan piagam kepada Walikota Bandung, dan Sekretaris Daerah Kota Bandung selaku pemrakarsa kegiatan sosialisasi pemantauan jentik nyamuk terbanyak, yakni 28.461 orang, serta pemrakarsa pemantauan jentik nyamuk diĀ  56.761 rumah oleh 10.081 orang pramuka se-Kecamatan Batununggal. Penghargaan yang sama diberikan pula kepada Camat sekaligus Ketua Kwaran Batununggal Enjang Mulyana selaku kreator rekor.

ORI juga turut memberikan piagam kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana sebab kegiatan peninjauan jentik nyamuk oleh Tim Jumantik melibatkan para siswa-siswi Kota Bandung yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan.

“Pramuka Bandung kan dikenal dengan pramuka yang banyak prestasinya. Di ulang tahun yang ke-55 ini kita melaksanakan Kemah Bhakti yang dihadiri oleh 17.000 pramuka se-Kota Bandung,” ucap Emil usai menjadi pembina upacara pembukaan Kemah Bhakti Pramuka Kota Bandung.

Para peserta upacara berasal dari berbagai tingkatan pramuka, mulai dari siaga, penggalang, penegak, dan pandega di 30 kwartir ranting se-Kota Bandung. Upacara diawali dengan defile tiap-tiap ranting dengan menampilkan atraksi marching band perwakilan dari Kwaran Sukasari, Kwaran Astanaanyar, dan SMA Krida Nusantara. Istimewanya, kegiatan ini juga turut melibatkan para pramuka difabel yang berhasil memeriahkan acara dengan penampilan pantomim dan kreasi lainnya.

Rilis Diskominfo Kota Bandung